Ajarkan anak puasa

by - 2:21:00 PM

Alhamdulillah bisa bertemu lagi dengan bulan ramadhan, bulan penuh keberkahan dan bulan yang selalu dinantikan. Berarti ini Ramadhan ke - 6 buat anak saya Marwah, wah sudah 6x puasa nih saya punya anak, hihi. Dan pada Ramadhan sekarang ini Marwah bukan menjadi anak balita lagi, tapi sudah menjadi anak - anak, yeay. Untuk usia anak perempuan akan menemui masa baligh nya pada usia 9 tahun, maka harus dari sekarang nih mengajarkan Marwah berpuasa dan beribadah dengan baik. Jadi ibu harus lebih bisa mengajarkan anak puasa dari sekarang. Tahun kemarin juga sih udah mulai puasa, meskipun hanya selang beberapa jam minta susu lagi deh. Nah tahun ini semoga saja bisa mengajak Marwah puasa dengan baik yah. 


1. Apa sih puasa itu?? 

Ini niiih yang Marwah pertanyakan setiap mendengar kata puasa, Dengan memberikan pengertian yang sejelas - jelasnya akan makna puasa ini akan ikut memicu semangat anak juga lho dalam menjalankan ibadah puasanya. Peran orang tua sangat penting. Jadi nantinya ketika anak dewasa dia akan sadar arti penting puasa dan akan selalu menjalankan ibadah puasa tanpa adanya paksaan dari siapapun. Jadi jelaskan tentang puasa sedetail mungkin, tentang makna puasa, mengapa puasa harus diwajibkan, dan lainnya. 


2. Berikan semangat

Memberikan semangat setiap hari agar anak sanggup melanjutkan puasanya. Mengajak anak melakukan kegiatan positif apapun yang bisa dikerjakan anak selama ia berpuasa. Jadi anak tidak jenuh, dan merasa menikmati keadaan dia berpuasa. 


3. Berawal dari puasa setengah hari

Dulu saya diajarkan hal serupa oleh mamah, "puasa setengah hari kalau tidak kuat boleh buka tapi nanti puasa lagi ya". Mamah dulu memberikan jurus itu pada saya, lama kelamaan saya pun terbiasa berpuasa selama bulan ramadhan. Dan hal ini pula akan saya ajarkan pada anak saya, mengajarkan ia untuk mulai berpuasa setengah hari, jadi insya Alloh lama - lama akan terbiasa berpuasa. 


4. memberikan reward

Dulu juga saya sering diberikan reward berupa hadiah atau uang sama mamah, jadi kalau misalkan saya bocor 2 hari maka akan dikurangi 10rb, jadi saya semangat untuk puasa sebulan penuh agar tidak dipotong. Hihihi kan lumayan buat jajan pas lebaran. 

5. Menu favorite

Pada saat buka puasa atau sahur, usahakan menyiapkan menu favorite anak, jadi dengan begitu anak akan bersemangat. 

6. Berikan contoh

Inilah sebenarnya tips paling jitu, berikan contoh. Dengan begitu anak akan mengikuti dan puasa deh sebulan penuh. :) 


Hayooo semangat ajarkan anak - anak berpuasa, agar kelak dewasa ia terbiasa dengan puasa dibulan Ramadhan.... 






You May Also Like

4 komentar

  1. Suka tutup kuping rapat-rapat kalau anak-anak mulai merengek-rengek lapar...haus..mi pas jam 10an pagi sambil dibujuk buat alihin merengek. dan sebelnya yang bikin anak-anak anteng yaitu...Gadget!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah gadget adalah yang paling bisa mengalihkan perhatian anak dari rasa lapar mbak, hihihi. Terimakasih sudah berkunjung

      Delete
  2. singkat, padat dan jelas nih tipsnya...
    slamat blajar puasa buat marwah :)

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D