Bertaubatlah sekarang juga

by - 11:26:00 AM

Setiap manusia pasti memiliki kesalahan dalam menjalani kehidupan, yah pasti semuanya pernah, termasuk saya. Ya kan? Hayoooh ngaku aja. Wajar koq kalau kita pernah melakukan kesalahan, namun yang tidak wajar adalah apabila kita terus mengulangi kesalahan dan tidak pernah ingin memperbaikinya. 

Berjanji tidak akan pernah mengulangi kesalahan yang sama, dan berjanji akan selalu berbuat baik, membuka kembali lembaran biru baru dalam kehidupan adalah bentuk dari taubat, lantas cukup dengan niat dan janji gitu saja hapus semua dosa? Tentu tidak dong yah, ada beberapa cara yang harus kita laksanakan bila inginkan taubat. 


Agar taubat sungguh - sungguh dan diterima oleh Alloh Swt, maka ada beberapa persyaratan dan kemudian harus kita lakukan, adalah : 

1. ISLAM ,  tidak sah taubat dari dosa dan kemaksiatan kecuali dari seorang muslim, karena taubatnya seorang kafir adalah dengan masuk islam. Alloh SWT menjelaskan dalam firmanNya surat An nisaa ayat 18 , yang artinya adalah " Dan tidak ( pula diterima taubat) orang2 yang mati sedang mereka dalam kekafiran. Bagi orang2 itu telah kami sediakan siksa yang pedih" 

2. IKHLAS, Taubat diterima jika kita benar - benar ikhlas mengharapkan ridho Alloh SWT, bukan riya atau hal lainnya. Sebagaimana dijelaskan dalam firman Nya , " Jika kamu berdua bertaubat kepada Alloh, maka sesungguhnya hati kamu berdua telah condong (untuk menerima kebaikan)" QS AT- Tahrim ayat 4


3. Mengakui dosa, mengakui dosa kepada Alloh SWT dalam sujud, memohon agar terhindar dari malapetaka akibat dosanya. Sebagaimana dijelaskan dalam hadist : 
Amma ba’du, wahai A’isyah sungguh telah sampai kepadaku berita tentangmu bagini dan begitu. Apabila kamu berlepas (dari berita tersebut) maka Allah akan membersihkanmu dan jika kamu berbuat dosa tersebut, maka beristighfarlah kepada Allah dan bertaubatlah kepadaNya. Karena seorang hamba bila mengakui dosanya kemudian bertaubat kepada Allah niscaya Allah akan menerima taubatnya. (HR Al Bukhori).

4. Menyesal, Penyesalan itu memberikan kemauan, tekad dan knowledge kepada kita bahwa dosa yang dilakukan akan menjadi penghalang dari Rabbnya, maka cepatlah mencari keselamatan dan tidak ada jalan keselamatan lain dari adzab Alloh SWT kecuali berlindung dan meminta pertolonganNYA. 


Setelah persyaratan itu telah mantabs dihati kita, maka kita harus melakukan sholat taubat. Tata cara sholat taubat akan saya share nanti yah. 



















You May Also Like

2 komentar

  1. Hai Tian :)
    Duh, aku ini sepertinya sudah bergelimang dosa euy Tian...
    *bahasa sinetron mulai keluar*

    Makasih sudah diingatkan melalui postingan ini yaaaah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga teh Erry

      Sama, dan wajar semua manusia merasa dirinya bergelimang dosa :) tapi masih banyak pintu taubat dan masih terbuka selama nafas kita masih ada :D,, hihihih >
      Makasih lho sudah berkunjung, senang banget dikunjungi artis korea #eeh

      Delete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D