BLOGGER BANDUNG

JANGAN MENGELUH

11:34:00 AM

minjem dari sini 
"Duh banyak banget nih kerjaan"
"iiih capek banget, mana jauh lagi, mana panas pula"

Sepenggal kalimat itu, pasti pernah terlontar dari mulut kita, mulut saya juga. Manusiawi yah kalau sesaat kita mengeluh akan kesusahan. Wajar dan sangat wajar sekali. Nah itu mah curhat deng bukan mengeluh, haha yang kayak gitu mah ngeluh, alias mengeluh *sama aja ya?*



Gak bisa dipungkiri lagi, sifat manusia memang ada mengeluh, lets check this out : 

Menurut yang terkandung dalam QS. Al - Ma'aarij ayat 19 jelas mengatakan " Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir" , yang kemudian dijelaskan kembali pada ayat 20 "Apabila ia ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah" 

Suka merasa berkecil hati menghadapi masalah??? 
"adapun bila Tuhannya mengujinya lalu membatasi rejekinya maka ia berkata ; Tuhanku menghinakan aku" ( QS Al-Fajr : 16). 

Manusia ketika dihadapkan dengan kesenangan baru deh menganggap tidak memiliki masalah, " Adapun manusia apabila Tuhannya mengujinya lalu dimuliakan Nya dan diberi Nya kesenangan, maka ia berkata ; Tuhanku telah memuliakanku" (QS Al-Fajr:15)

Nah, padahal susah atau senang itu sama - sama mempunyai masalah, kadang manusia tertipu dengan kesenangan. Selalu ingatlah bahwa kenikmatan dunia bukanlah ujian, segala apapun kondisi kehiddupan itu selalu berdampingan dengan masalah, yang mengartikan bahwa hidup ini memang penuh dengan ujian dan permasalahan. Kesenangan dan kesusahan. 

"Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan  ; Kami telah beriman, sedang mereka tidak diuji lagi" QS Al-ankabut :2 

Selama kita masih bernafas dan masih diberi kenikmatan hidup, maka kita akan senantiasa selalu diuji untuk mendapat kenaikan kelas ke kelas berikutnya. Dan perlu diketahui juga bahwa ujian yang kita hadapi ini tidak akan diujikan kecuali sesuai dengan batas kemampuan kita, yang artinya bagaimanapun masalah, seberat apapun masalah tentu saja ada solusinya. Bisa kita lewati penuh dengan kesabaran dan keikhlasan :) .

Jadi bukan dengan mengeluh yaa menghadapi masalah, face it with smile and cari jalan keluarnya :) 

Eh tapi tadi disebutkan ya bahwa MENGELUH itu manusiawi,, tapi kalau keseringan mengeluh sih itu namanya WATAK, dan ingat mengeluh tidak akan menyelesaikan masalah, tahu ga kalau ternyata efek mengeluh itu adalah akan memperparah keadaan, serta menularkan aura gelap kepada siapa saja yang ada disekitar anda dan mendengar keluhan anda. Plus memadamkan cahaya hati mereka. ... Percaya atau tidak?? Buktikan deh full seharian disamping orang yang suka mengeluh :D dan rasakan sensasinya haha 



This article noted for my self :) ... Sharing and caring


You Might Also Like

8 komentar

  1. boleh kok mengeluh... tp hanya kpd-Nya saja. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah hanya DIA lah yg pantas dijadikan tempat kita bersandar dan berkeluh kesah

      Delete
  2. Jadi kita harus terus move on ya mak apapun yang terjadi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya sih begitu mak, hehe tapi namanya juga manusia yah, mengeluh kadang disamakan dengan curhat 😁

      Delete
  3. bahkan mesin pun juga bisa mengeluh mak.. tiba tiba hang.. kayak inetku ini hahahaha

    ReplyDelete
  4. Baiklah... saya tidak akan mengeluh.
    *Duh... cucianku hari ini kok banyak banget, ya?*
    #Eh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. marilah kurangi mengeluh mak,,, :D
      " eh ini inet koq lelet amaaat sih, mana kerjaan banyak" lhooo? :D

      Delete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Member Of

SUBSCRIBE

Like us on Facebook