Dibalik hari buku sedunia

by - 11:06:00 AM


Selamat hari buku dunia, 23 April ditetapkan oleh UNESCO sebagai hari buku sedunia atau WOLRD BOOK DAY. Sekali lagi deh yaa, selamat hari buku sedunia untuk semua pecinta buku. 


Ada World book day pasti dong ada sejarah mengapa ada world book day. Nah dengan berbekal baca sana dan baca sini, marilah saya akan simpulkan dan ceritakan sedikit tentang world book day. World book day dideklarasikan oleh UNESCO yang adalah sebuah perayaan buku dan literasi yang diadakan setiap tahun diseluruh dunia. Nah di Indonesia ini baru sekitar tahun 2006 dengan diprakarsai oleh Forum Indonesia yang turut didukung oleh berbagai pihak, baik dari pemerintahan, dunia usaha, akademisi, komunitas bahkan dari lapisan masyarakat. 


Dan tahu ga sih kalau awalnya perayaan ini berawal dari perayaan hari saint george di wilayah kalatonia sejak abad pertengahan dimana kala itu para pria memberikan mawar kepada kekasihnya, aah so sweet kan?. Namun sejak tahun 1923 para pedagang buku yang mulai mempengaruhi tradisi ini untuk menghormati Miguel de Cervantes, yakni seorang pengarang yang meninggal dunia pada 23 April. 

Nah sejak itu lah para perempuan ikut memberikan sebuah buku sebagai pengganti mawar yang diterimanya. Pada masa itu lebih dari 40.000 buku terjual dan ditukarkan hampir dengan 4 juta mawar. Pada tahun 1995, konferensi umum UNESCO di Paris memutuskan untuk menetapkan setiap tanggal 23 April ditetapkan sebagai world book day yang mengusung dari keberadaan festival kalatonia. Perayaan ini merupakan bentuk penghargaan dan kemitraan antara pengarang, penerbit, distributor, organisasi perbukuan serta komunitas yang mempromosikan buku dan literasi sebagai bentuk pengayaan diri dan meningkatkan nilai sosial budaya kemanusiaan. 

Nah begitulah ceritanya, maafkan hanya bisa menceritakan sedikit dan berdasarkan apa yang saya baca saja :D . Jika ada yang ingin menambahkan silahkan yaah. 

Dan world book day indonesia punya blog yang bisa dikunjungi yah, namun sayangnya blog seperti belum update yah, cek disini silahkan . 
Secara umum, tujuan utama diadakan world book day ini tiada lain tiada bukan adalah untuk menyemangati masyarakat untuk membaca, terutama untuk kalangan anak - anak agar lebih banyak mengeksplorasi buku agar dapat manfaat dan kesenangan tertentu setelah membacanya. 

marilah kita lebarkan aktivitas kita dalam dunia perbukuan dengan ikut berpartisipasi melakukannya dengan membaca dan menggelorakan minat baca, dan semoga saja Indonesia bisa menjadi world book capital yah, pernah saya cerita disini. 



SELAMAT HARI BUKU SEDUNIA, GELORAKAN MINAT BACA SEDARI SEKARANG.... 



You May Also Like

2 komentar

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D