menenangkan anak yang marah

by - 10:51:00 AM

Terkadang sangat membuat ibu pusing deh menghadapi sifat Marwah yang sedang marah. Kalau Marwah sednag marah / emosi biasanya dilampiaskan dengan melipat tangan  dan pasang muka jutek banget, kadang kalau lagi kesal sekali Marwah pernah lho sampai tantrum alias menangis keras * namun hanya beberapa kali *. Sebenarnya rasa marah bisa timbul dengan banyak sebabnya , termasuk yang terjadi pada anak. Terkadang orang tua ikut merasa kesal dan merasa repot jika menghadapi anak yang marah, termasuk ibu juga gitu kalau Marwah marah , rasanya ibu juga pengen marah lho. 

melipat tangan saat sedang marah adalah andalannya, namun senyumannya tidak pernah hilang dari wajah cantiknya 


Ada dua perasaan mendasar yang membuat anak - anak memiliki sifat pemarah , diantaranya adalah : 

1. Kemauan / keinginan anak untuk cepat menjadi besar. Karena biasanya anak akan merasakan hal ini jika orang tua sudah banyak melarang dengan memberikan kata " tidak " . Karena anak belum bisa menguasai emosinya secara logis , maka anak memilih mengekspresikan emosinya melalui kemarahan. 

2. ketika anak memiliki rasa ingin tahu dan kemauan yang kuat untuk melakukan sesuatu , namun kadang kemampuannya itu tidaklah sekuat keinginannya. Nah hal seperti ini bisa membuat kesal dan berarah ke frustasi yang lagi - lagi diungkapkannya dengan marah - marah. 

ini pas lagi marah di salah satu mall , marah karena kita tidak membelikan tas sesuai dengan keinginanya, langsung deh diam kayak gini, namun ga nangis. 

Lantas bagaimana dong ibu mengatasi Marwah yang sedang marah atau ngamuk? 


Meskipun marah bukanlah sifat Marwah yah, Marwah hanya sesekali saja marah , itupun kalau keinginannya ditentang ibu * bukan berarti ibu selalu nurutin maunya Marwah yah * , namun memang pada dasarnya sifat anak yang marah bisa mnejadi masalah untuk ibu dan anak sendiri. Oleh karena itu ibu perlu memaklumi sifat Marwah lebih dekat. memahami dan mengerti serta menyelesaikan alasan kemarahan Marwah sering ibu lakukan. Dan itu berhasil , asalkan saja ibu harus sabar dan telaten menghadapi sifat sang anak. Bukan kah begitu ???

Ibu harus mempelajari dan memahami alasan kenapa Marwah sampe marah, dengan begitu kalau ibu tahu sebabnya kan akan lebih mudah ibu untuk meyelesaikan masalahnya. Karena ibu adalah contoh , maka bersikap tenang dan nyaman adalah jurus jitu , agar secara tidak langsung Marwah mengikuti ibu dengan turut bersikap tenang. Dan ibu selalu memeluk dan menggendong Marwah * meskipun berat hihihi * itu ibu lakukan supaya Marwah lebih tenang. 


Hanya itu saja sih yang biasa ibu lakukan ketika Marwah sedang marah , semoga bermanfaat yah untuk para orang tua lainnya..




with love ,


ibunya Marwah 



You May Also Like

0 komentar

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D