#24 memaafkan diri sendiri

by - 10:26:00 AM

FOTO HASIL NYARI DARI GOOGLE 
Pernah merasa bersalah pada diri sendiri?
Pernah membenci diri sendiri karena berbuat suatu kesalahan?

Semua orang pasti pernah berbuat salah , termasuk saya sendiri. Bukankah kita bukan malaikat yang selalu benar ataupun bukan syaitan yang selalu salah. Kesalahan itu adalah manusiawi, dan kita bisa belajar banyak dari kesalahan, bukan kah begitu?

Namun pernahkah kita merasa lega , tenang , damai , relax  setelah menyadari sesuatu kesalahan yang kita perbuat dan lalu dengan ikhlas memaafkan diri sendiri? Atau pernah tidak perasaan , pikiran dan hati menjadi plong setelah berdamai dan memberikan maaf kepada seseorang yang telah berbuat salah pada kita? 

Kata maaf berasal dari bahasa alquran al-afwu , yang berarti " menghapus" , oleh karena itu maaf sama artinya dengan menghapus bekas - bekas luka dalam hati.

memang sukar untuk memaafkan diri sendiri daripada memaafkan orang lain . Namun tanpa kita sadari hal ini bahkan melukai diri sendiri, dan artinya kita tidak mencintai diri kita sendiri. Bukankah kita harus mencintai diri sendiri? Seperti artikel yang pernah saya tulis disini.  


Terlalu lama menyimpan amarah, tidak baik , bisa mempengaruhi kejiwaaan seseorang. Yang jika dibiarkan terus menerus akan memicu stress, hidup menjadi penuh kebencian,menghambat masa depan dan akan merugikan diri sendiri. 

marilah meredam amarah , dan belajar untuk bisa memaafkan diri sendiri dan juga orang lain. Bukankah jika hati tenang dan damai maka hidup kita akan terasa nikmat dijalani? 



You May Also Like

2 komentar

  1. Memaafkan diri sendiri adalah salah satu cara untuk memberi ruang agar diri kita bisa belajar. Semoga mengambil hikmah dari apa yang menimpa ya, mak *hug

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin allohummaamiin.. makasih mak

      Delete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D