#22 MASA REMAJA , MASA PENCARIAN JATI DIRI

by - 11:31:00 AM

Pernah jadi remaja dong? pernahkan? ya eyalah ga mungkin ujug – ujug segini? * halah halah * . .
Mengingat kita sebagai ibu pernah muda alias pernah menikmati masa remaja , nah seharusnya tahu dong kalau umur – umur anak remaja itu adalah umur rentan pencarian jati diri kan?
Dan kalau ngomongin remaja memang ga akan ada habisnya deh, beginilah , begitulah halah pokoknya baik atau buruk tetap suka jadi bahan omongan deh, iya kan?
Banyak kenakalan yang dilakukan remaja , entahlah itu masih berupa kenakalan ataukah sudah berimbas kejahatan. Tapi sebenarnya dari masalah – masalah yang dilakukan oleh remaja ini sebenarnya adalah proses pencarian jati diri, yang kedepannya akan menjadi sebuah sebab dari sebuah kedewasaa. Lantas jati diri itu apa yah? Jati diri adalah menjadi diri sendiri alias diri sendiri yang sebenarnya. jati diri yang muncul pada diri seseorang secara alami dengan kronologi tertentu , suatu proses penumbuhan dan pengembangan nilai – nilai luhur yang terpancar dari hati nurani melalui mata hati . Jati diri juga bisa diartikan sebagai pengetahuan tentang siapa kita ini , atau ciri / gambaran seseorang yang dilihat dari jiwa dan daya gerak dari dalam . Banyak ya pengertiannya, yah intinya ada menjadi diri kita sendiri .
ternyata kita kalo ngomongin jati diri sama ruwetnya kayak ngomongin permasalahan remaja, tapi  gak usah bingung tentang apa sih jati diri itu.kalomenurutku jati diri ialah citra diri atau self image, gambaran diri kamu.
Pencarian jati diri juga termasuk sebagian dari permasalahan remaja. Malahan bisa disebut permasalahan yang paling rumit diantara masalah-masalah lainnya. Banyak remaja yang merasa gagal menemukan jati dirinya, mereka merasa kurang ini, kurang itulah, kurang pd, kurang ganteng,kurang cantik,kurang apalah, pokoknya kurang trus. Padahal jati diri mereka ya, seperti itu tadi. Diri sendiri yang sebenarnya, bukan diri orang lain.

Kalo mereka mencontoh atau meneladani perilaku orang lain gimana? Berarti mereka bukan menjadi diri sendiri melainkan menjadi orang lainkan.! Iya juga yah, tapi ngga. Mereka tetap menjadi diri mereka sendiri dengan jalan mempelajari orang lain, karena setiap pelajaran hidup tidak hanya kita petik dari pengalaman kita tetapi bisa kita petik melalui pengalaman orang lain. Mencari jati diri tidak segampang makan apem bikinan emak, tapi mencari jati diri bagaikan mencari jarum di padang pasir. butuh pengorbanan yang besar untuk mendapatkannya, jadi bersabarlah, bersiapsiagalah, dan pantang menyerah. Jikalau sudah saatnya pasti kan datang dengan sendirinya.
Setiap permasalahan pasti ada hikmahnya, permasalahan remaja sebenarnya memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu untuk melatih kita suapaya bisa memecahkan masalah dan tidak kaget ketika memasuki masa menjadi orang tua yang pastinya permasalahan orang tua jauh lebih ruwet dan lebih besar.



Sumber dari SINI 

You May Also Like

0 komentar

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D