jangan membandingkan anak!!!!

by - 11:40:00 AM

ALHAMDULILLAH JUARA
"Duh Marwah badannya gede yaaa, kalau anakku mah kecil padahal seumuran yaaa". celoteh seorang ibu yang sebenarnya mengganggu perasaan anaknya lho bu. 
"Duh anak saya malas banget niih , tuh liat anak itu mah rajin banget lesnya." Gak sengaja denger ibu - ibu yang antar anaknya les.  
Wah padahal dalam hati saya pun suka kadang terbesit kayak gitu, kok Marwah males yah les nya, padahal anak lain oke - oke aja, namun siiih yaa aku kadang suka langsung sadar aja, Marwah adalah Marwah bukan orang lain.
Karena aktifitas Marwah akan semakin banyak deh nanti pas dia mulai masuk SD tahun depan. Sekarang saja baru TK sudah lumayan sibuk, sekolah jam 7.30 pulang jam 11.00.. hari senin dan kamis dilanjut les calistung. Duh kasian ya anakku, namun itu semua demi masa depan mu juga sayang, ga usah males - males yaa cantik. semangaaat yaaa sayang...

neng marwah bersama kaka nasywa



Marwah bersama sarah
Marwah itu anaknya moody, ketika dia memiliki mood baik utk belajar , maka akan segera dia belajar dengan tekun,namun bila mood malasnya datang, langsung saja STOPPPP belajarnya dengan seribu macam alasan, dan ibu hanya bisa menghela nafas ,, Huuuuuh. karena marwah tidak bisa ibu rayu lagi atau ibu bujuk lagi deh kalau sudah badmood atau bosen. Ibu selalu mengikuti apa yang marwah mau bukan berarti manjain yah,namun ibu cuman mencoba memahami dulu,sebelum ibu bertindak dan mengantisipasi marwah yang moody ini. 

Memang pada dasarnya sifat manusia ini terkesan unik, berlaku untuk anak juga. Mereka memiliki sikap dan karakter yang unik dan berbeda satu dengan yang lainnya. Jadi tiap anak itu memiliki ciri khas tersendiri, ga bisa lah kita bandingkan anak kita dengan anak orang lain, yang jelas - jelas berbeda. 

Ibu pun tidak pernah membandingkan perkembangan Marwah dengan perkembangan anak lain, karena ibu tahu setiap anak memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri,semua ibu menganggap anaknya lah yang terhebat dan ibu pun begitu, buat ibu Marwah lah yang terbaik, jadi tidak bisa kan kita membandingkan anak kita dengan anak lain?? karena dimata semua orang tua anaknya lah yang paling baik dan menganggap yang terbaik. Membanggakan anak kita didepan orang tua lain adalah dengan tidak langsung kita membandingkan anak kita dengan anak mereka .

Membandingkan anak juga akan berakibat buruk pada anak, anak akan tidak memiliki pendirian dan terkesan ragu - ragu. Dengan membandingkan anak itu berarti orang tua tidak melihat sosok anak secara utuh. Seharusnya itu orang tua menggali potensi anak dan selalu memberikan suport semaksimal mungkin supaya anak merasa nyaman. Jika anda mau membandingkan maka bandingkanlah dengan kemampuan diri anak sendiri. Kita saja orang dewasa ga suka kan kalau dibandingkan dengan orang lain. iya kan???

Menjaga perasaan buah hati kita adalah cara yang paling mudah daripada kita harus mengobati hati dan perasaan mereka yang terluka.*cieeeh bahasanya*,, tapi bener lho, anak dibandingkan itu secara tidak langsung mau bilang kalau anak tidak sebaik anak orang lain. atau sebaliknya....

Hilangkan yuk membandingkan anak,, mulai sekarang kita gali potensi anak semaksimal mungkin.... 


Ibu sayang sekali sama Marwah,,,

peluk cium dari ibu....

Bandung , Desember 2013











You May Also Like

6 komentar

  1. Bener juga pendapatnya Mak, dari awal aku tidak ingin memberi judgement sama anak2 dirumah, bairlah mereka tumbuh dan berkembang apa adanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mereka memiliki karakter sendiri, kita hanya mengasahnya saja :) terimakasih sudah berkunjung

      Delete
  2. teorinya mantap ya mak...kalau sudah praktek kadang lupaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener sekali mak :D ... hihihihi suka lupaaaa

      makasih mak sudah mau berkunjung

      Delete
  3. apalagi kalau membandungkannya untuk menjatuhkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener sekali mak :) terimakasih banyak sudah mau berkunjung

      Delete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D